BAB V
PENUTUP
1.1
Kesimpulan
Berdasarkan hasil yang diperoleh dari hasil observasi terhadap
100 responden, serta berdasarkan uraian dan pengujian hipotesis yang dilakukan,
maka hasil dari rata-rata χ2 Hitung sebesar 78,28 lebih besar dari nila
kritis yaitu sebesar 26,29 yang artinya Ha di terima dan Ho di tolak artinya
konsumen merasa puas terhadap kualitas pelayanan yang diberikan rumah makan
Waroeng Steak & Shake.
Sedangkan hasil perhitungan deangan skala likert dapat
disimpulkan bahwa sebagian besar konsumen merasa puas terhadap 5 (lima) dimensi
kualitas pelayanan yang terdiri dari : kehandalan, daya tanggap, kepastian,
empati dan berwujud dengan rata-rata Nilai Indeks Kerja (NIK) sebesar 67,19%,
dengan demikian dapat dikatakan bahwa rumah makan Waroeng Steak & Shake telah berhasil membuat para konsumen merasa puas
terhadap seluruh kualitas pelayanan yang diberikan.
1.2
Saran
Berdasarkan kesimpulan diatas penulis memberikan saran kepada
rumah makan Waroeng Steak & Shake untuk
lebih memperhatikan keluhan yang diberikan pelanggan contohnya : area parkir
yang belum memadai, bising karena dekat dengan jalan raya dan banyaknya lalat,
karena bila pemilik dan karyawan mampu menanggapi keluhan pelanggan dengan
cepat dan memuaskan, maka pelanggan tidak akan kecewa terhadap pelayanan yang
diberikan dan selalu memberikan kualitas pelayanan terbaik untuk kepuasan
konsumen dengan demikian tujuan dari rumah makan dapat tercapai, seperti
kepuasan konsumen yang maksimal dan keuntungan bagi rumah makan Waroeng Steak & Shake.
Nama : Soegiharto Sugiono
NPM : 11207042
Kelas : 3EA11
Tugas diberikan oleh : pak Prihantoro
0 komentar:
Posting Komentar