Selasa, 08 November 2011

TUGAS METODE RISET BAB IV


BAB IV
PEMBAHASAN


4.1  Profil objek penelitian
               Penelitian ini dilakukan pada konsumen yang membeli makanan dan makan di rumah makan waroeng Steak & Shake yang terletak di JL. Raya Jatiwaringin No.241 Rt.02/26 Pondok Gede.

4.1.1 Hasil Penelitian dan Analisis
Penyebaran Kuesioner ini di lakukan di Rumah Makan waroeng Steak & Shake yang terletak di JL. Raya Jatiwaringin No.241 Rt.02/26 Pondok Gede. Dengan menyebarkan kepada 100 responden konsumen yang berisikan 14 pertanyaan untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Waroeng Staek & Shake. Kusioner ini berisikan 14 pertanyaan yang dibagi menjadi 5 dimensi jasa, yaitu :
    1.   Dimensi Kehandalan adalah bagaimana kemampuan selera atau kelezatan makanan yang disediakan, kesopanan dan keramahan tata cara karyawan dalam melayani konsumen, dan kemudahan dalam memesan makanan. Dalam kuesioner ini di bagi menjadi 3 pertanyaan dimensi kehandalan yaitu pada pertanyaan no. 1, 2, dan 3.
   2.   Dimensi Daya Tanggap adalah ketepatan dalam mengajukan makanan sesuai dengan pesanan konsumen serta pengetahuan dan wawasan yang baik yang dimiliki karyawan. Dalam kuesioner ini terdapat 2 pertanyaan dimensi ketanggapan yaitu pada pertanyaan no. 4 dan 5.

3. Dimensi Kepastian adalah kualits jasa yang tergantung pada kemampuan perusahaan untuk memberikan kenyamanan ruangan serta keamanan tempat parkir kepada konsumen dan memberikan kepercayaan keyakinan akan jaminan yang diberikan oleh perusahaan. Dalam kuesioner ini terdapat 2 pertanyaan dimensi jaminan yaitu pertanyaan no. 6 dan 7.
   4.   Dimensi Empati adalah penyampaian jasa dengan perhatian dan keterampilan yang diberikan oleh perusahaan sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen. Dalam kuesioner ini terdapat 2 pertanyaan dimensi empati yaitu pertanyaan no. 8 dan 9.
   5.   Dimensi Berwujud adalah suatu penampilan fisik dari bangunan, penataannya, kebersihan dari karyawan maupun kelengkapan peralatan yang digunakan. Dalam kuesioner ini terdapat 4 pertanyaan dimensi berwujud yaitu pertanyaan no. 10,11, 12, 13 dan 14 .

Dalam kuesioner tersebut digunakan jawaban yaitu :
·      Sangat Puas
·      Puas
·      Cukup Puas
·      Tidak Puas
·      Sangat Tidak Puas

Adapun penilaian dan kelas interval yaitu :

Kategori
Kelas Interval
Sangat Tidak Puas
100 – 179
Tidak Puas
180 – 259
Cukup Puas
260 – 335
Puas
340 – 419
Sangat Puas
420 - 500

Dengan perhitungan sebagai berikut :
Wilayah Data          = Nilai Tertinggi – Nilai Terendah
Nilai Tertinggi        = Total Responden x Bobot Terbesar
= 100 x 5
= 500

Nilai Terendah     = Total Responden x Bobot Terkecil
= 100 x 1
= 100

4.2     Hasil penelitian dan analisis
Dari hasil penelitian yang diperoleh melalui pembagian lembaran angket (kuesioner) kepada 100 repnden untuk mengetahui tingkat kepuasan terhadap kualitas pelayanan rumah makan waroeng Steak & Shake, maka hasil penelitian dibagi 5 dimensi kualitas pelayanan, seperti :
1.   Kehandalan
2.   Daya tanggap
3.   Kepastian
4.   Empati
5.   Berwujud
         Adapun proses penilaian, pengumpulan dan perhitungan data dari pembagian angket  (kuesioner) dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1.   Pengambilan Sampel
Pengambilan dilakukan dengan cara Sampel Acak Sederhana (Simple Random Sampling) sebanyak 100 responden pada konsumen rumah makan Waroeng Steak & Shake.
2.   Kriteria Penilaian
Untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayana rumah makan Waroeng Steak & Shake, peneliti menggunakan data kuantitatif dengan bobot nilai sebagai berikut :
  
Tabel 4.1
Kriteria Penilaian Tingkat Kepuasan Konsumen

Tingkat kepuasan
Bobot Nilai
Sangat Puas
5
Puas
4
Cukup Puas
3
Tidak Puas
2
Sangat Tidak Puas
1

4.2.1  Hasil Penilaian Responden
        Dari hasil 100 responden/konsumen yang sebagian besar makan di rumah makan Waroeng Steak & Shake, adalah sebagai berikut :
1.   Jenis usia                             : Usia 20-30 th sebanyak 30 reponden
2.   Pengunjung yang datang    : Sering sebanyak 65 responden.

Tabel 4.1
Data Responden Berdasarkan Usia


< 20
20 – 30
31 - 40
41-50
> 50
Jumlah
Frekuensi
19
30
20
20
11
100
Persentase
19%
30%
20%
20%
11%
100%



4.2.2     Analisis Dimensi Kehandalan
1.   Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Selera atau Kelezatan Makanan Yang Disediakan

Tabel 4.2
Kepuasan Konsumen Terhadap Cita Rasa Makanan Yang Disediakan

Penilaian
STP
TP
CP
P
SP
Jumlah
Bobot Nilai
1
2
3
4
5

Frekuensi
5
11
36
34
14
100
Persentase
5 %
11 %
36%
34%
14%
100%
Nilai
5
22
99
108
136
341





            Berdasarkan dari hasil observasi diatas dari 100 responden yang menyatakan sangat puas terhadap Selera atau Kelezatan makanan yang disediakan oleh Steak & Shake sebanyak 14 responden atau 14%, yang menyatakan puas sebanyak 34 responden atau 34%, yang menyatakan cukup puas 36 responden atau 36%  sedangkan yang menyatakan tidak puas dan sangat tidak puas 11 responden atau 11%.
Jadi dengan jumlah nilai yang diperoleh sebesar 341 dapat di kategorikan bahwa sebagian besar konsumen rumah makan Waroeng Steak & Shake merasa puas terhadap cita rasa makanan yang diberikan kepada konsumen.

2.      Kesopanan dan Keramahan Tatacara Karyawan Dalam Melayani Konsumen

Tabel 4.3
Kepuasan Konsumen Terhadap Kesopanan dan Keramahan Tata Cara Karyawan Dalam Melayani Konsumen

Penilaian
STP
TP
CP
P
SP
Jumlah
Bobot Nilai
1
2
3
4
5

Frekuensi
0
3
44
33
20
100
Persentase
0%
3%
44%
33%
20%
100%
Nilai
0
6
132
132
100
370





Berdasarkan dari hasil observasi diatas dari 100 responden yang menyatakan sangat puas terhadap kesopanan dan keramahan tata cara karyawan dalam melayani konsumen yang disediakan oleh Steak & Shake sebanyak 20 responden atau 20%, yang menyatakan puas sebanyak 33 responden atau 33%, yang menyatakan cukup puas 44 responden atau 44% sedangkan yang menyatakan tidak puas 3 responden atau 3% dan yang menyatakan sangat tidak puas 0 responden.
Jadi dengan jumlah nilai yang diperoleh sebesar 370 dapat di kategorikan bahwa sebagian besar konsumen Rumah Makan Waroeng Steak & Shake merasa puas terhadap kesopanan dan keramahan tata cara karyawan dalam melayani konsumen.

3.      Kemudahan dalam memesan makanan

Tabel 4.4
Kemudahan Dalam Memesan Makanan
Penilaian
STP
TP
CP
P
SP
Jumlah
Bobot Nilai
1
2
3
4
5

Frekuensi
0
0
38
31
31
100
Persentase
0 %
0 %
38%
31%
31%
100%
Nilai
0
0
114
124
155
393




Berdasarkan dari hasil observasi diatas dari 100 responden yang menyatakan sangat puas terhadap kemudahan dalam memesan makanan oleh Waroeng Steak & Shake sebanyak 31 responden atau 31%, yang menyatakan puas sebanyak 31 responden atau 31%, yang menyatakan cukup puas 38 responden atau 38% sedangkan yang menyatakan tidak puas dan sangat tidak puas 0 responden.
Jadi dengan jumlah nilai yang diperoleh sebesar 393 dapat di kategorikan bahwa sebagian besar konsumen rumah makan waroeng Steak & Shake merasa puas terhadap kemudahan dalam memesan makanan.

4.2.3     Analisis Dimensi Daya Tanggap
1.      Ketepatan dalam mengajukan makanan sesuai dengan pesanan konsumen.

Tabel 4.5
Ketepatan Dalam mengajukan Makanan Sesuai Dengan Pesanan Konsumen
Penilaian
STP
TP
CP
P
SP
Jumlah
Bobot Nilai
1
2
3
4
5

Frekuensi
2
2
43
42
11
100
Persentase
2%
2%
43%
42%
11%
100%
Nilai
2
4
129
168
55
358




Berdasarkan dari hasil observasi diatas dari 100 responden yang menyatakan sangat puas terhadap ketepatan dalam mengajukan makanan sesuai dengan pesanan konsumen oleh Waroeng Steak & Shake sebanyak 11 responden atau 11%, yang menyatakan puas sebanyak 42 responden atau 42%, yang menyatakan cukup puas 43 responden atau 43%  sedangkan yang menyatakan tidak puas 2 responden atau 2% dan yang menyatakan sangat tidak puas 2 responden atau 2%.
Jadi dengan jumlah nilai yang diperoleh sebesar 358 dapat di kategorikan bahwa sebagian besar konsumen Rumah Makan Waroeng Steak & Shake merasa puas terhadap ketepatan dalam mengajukan makanan sesuai dengan pesanan konsumen.

2.   Pengetahuan dan wawasan yang baik yang dimiliki karyawan

Tabel 4.6
Pengetahuan Dan Wawasan Yang Baik Yang Dimiliki Karyawan
Penilaian
STP
TP
CP
P
SP
Jumlah
Bobot Nilai
1
2
3
4
5

Frekuensi
2
0
61
21
16
100
Persentase
2%
0%
61%
21%
16%
100%
Nilai
2
0
183
84
80
349





Berdasarkan dari hasil observasi diatas dari 100 responden yang menyatakan sangat puas terhadap Pengetahuan dan wawasan yang baik yang dimiliki karyawan Waroeng Steak & Shake sebanyak 16 responden atau 16%, yang menyatakan puas sebanyak 21 responden atau 21%, yang menyatakan cukup puas 61 responden atau 61% sedangkan yang menyatakan tidak puas 0 responden dan yang menyatakan sangat tidak puas 2 responden atau 2%.
Jadi dengan jumlah nilai yang diperoleh sebesar 349 dapat di kategorikan bahwa sebagian besar konsumen Rumah Makan Waroeng Steak & Shake merasa puas terhadap Pengetahuan dan wawasan yang baik yang dimiliki karyawan.

4.2.4     Analisis Dimensi Kepastian
1.         Lokasi yang strategis

Tabel 4.7
Lokasi Yang Strategis
Penilaian
STP
TP
CP
P
SP
Jumlah
Bobot Nilai
1
2
3
4
5

Frekuensi
3
8
48
35
6
100
Persentase
3%
8%
48%
35%
6%
100%
Nilai
3
16
144
140
30
333



  
Berdasarkan dari hasil observasi diatas dari 100 responden yang menyatakan sangat puas terhadap Lokasi yang strategis sebanyak 6 responden atau 6%, yang menyatakan puas sebanyak 35 responden atau 35%, yang menyatakan cukup puas 48 responden atau 48% sedangkan yang menyatakan tidak puas 8 responden atau 8% dan yang menyatakan sangat tidak puas 3 responden atau 3%.
Jadi dengan jumlah nilai yang diperoleh sebesar 333 dapat di kategorikan bahwa sebagian besar konsumen Rumah Makan Waroeng Steak & Shake merasa puas terhadap Lokasi yang strategis Waroeng Steak & Shake.

2.   Harga Yang Sesuai Dengan Setiap Pelayanan Yang Diberikan

Tabel 4.8
Harga Yang Sesuai Dengan Setiap Pelayanan Yang Diberikan
Penilaian
STP
TP
CP
P
SP
Jumlah
Bobot Nilai
1
2
3
4
5

Frekuensi
0
2
42
44
12
100
Persentase
0%
2%
42%
44%
12%
100%
Nilai
0
4
126
176
60
366





         Berdasarkan dari hasil observasi diatas dari 100 responden yang menyatakan sangat puas terhadap Harga Yang Sesuai Dengan Setiap Pelayanan Yang Diberikan sebanyak 12 responden atau 12%, yang menyatakan puas sebanyak 44 responden atau 44%, yang menyatakan cukup puas 42 responden atau 42% sedangkan yang menyatakan tidak puas 2 responden atau 2% dan yang menyatakan sangat tidak puas 0 responden.
Jadi dengan jumlah nilai yang diperoleh sebesar 366 dapat di kategorikan bahwa sebagian besar konsumen Rumah Makan Waroeng Steak & Shake merasa puas terhadap harga yang sesuai dengan setiap pelayanan yang diberikan.


4.2.5     Analisis Dimensi Empati
1.   Perhatian Terhadap Konsumen Yang Datang
Tabel 4.9
Perhatian Terhadap Konsumen Yang Datang
Penilaian
STP
TP
CP
P
SP
Jumlah
Bobot Nilai
1
2
3
4
5

Frekuensi
0
4
46
39
11
100
Persentase
0%
4%
46%
39%
11%
100%
Nilai
0
8
138
156
55
357





Berdasarkan dari hasil observasi diatas dari 100 responden yang menyatakan sangat puas terhadap perhatian terhadap konsumen yang datang sebanyak 11 responden atau 11%, yang menyatakan puas sebanyak 39 responden atau 39%, yang menyatakan cukup puas 46 responden atau 46% sedangkan yang menyatakan tidak puas 4 responden atau 4% dan yang menyatakan sangat tidak puas 0 responden.
Jadi dengan jumlah nilai yang diperoleh sebesar 357 dapat di kategorikan bahwa sebagian besar konsumen Rumah Makan Waroeng Steak & Shake merasa puas terhadap perhatian terhadap konsumen yang datang.


2.      Informasi menu makanan yang dapat dipercaya
Tabel 4.10
Informasi menu makanan yang dapat dipercaya
Penilaian
STP
TP
CP
P
SP
Jumlah
Bobot Nilai
1
2
3
4
5

Frekuensi
1
1
47
40
11
100
Persentase
1%
1%
47%
40%
11%
100%
Nilai
1
2
141
160
55
265





Berdasarkan dari hasil observasi diatas dari 100 responden yang menyatakan sangat puas terhadap perhatian terhadap konsumen yang datang sebanyak 11 responden atau 11%, yang menyatakan puas sebanyak 40 responden atau 40%, yang menyatakan cukup puas 47 responden atau 47% sedangkan yang menyatakan tidak puas 1 responden atau 1% dan yang menyatakan sangat tidak puas 1 responden atau 1%.
Jadi dengan jumlah nilai yang diperoleh sebesar 265 dapat di kategorikan bahwa sebagian besar konsumen Rumah Makan Waroeng Steak & Shake merasa puas terhadap informasi menu makanan yang dapat dipercaya.

4.2.6     Analisis Dimensi Berwujud
1.   Dekorasi Rumah Makan Yang Menarik

Tabel 4.11
Dekorasi Rumah Makan Yang Menarik
Penilaian
STP
TP
CP
P
SP
Jumlah
Bobot Nilai
1
2
3
4
5

Frekuensi
0
4
45
37
14
100
Persentase
0%
4%
45%
37%
14%
100%
Nilai
0
8
135
148
70
361

.

Berdasarkan dari hasil observasi diatas dari 100 responden yang menyatakan sangat puas terhadap perhatian terhadap Dekorasi Rumah Makan Yang Menarik sebanyak 14 responden atau 14%, yang menyatakan puas sebanyak 37 responden atau 37%, yang menyatakan cukup puas 45 responden atau 45% sedangkan yang menyatakan tidak puas 4 responden atau 4% dan yang menyatakan sangat tidak puas 0 responden.
Jadi dengan jumlah nilai yang diperoleh sebesar 361 dapat di kategorikan bahwa sebagian besar konsumen rumah makan Waroeng Steak & Shake merasa puas terhadap dekorasi rumah makan yang menarik.

2.      Makanan Yang Disajikan Bervariasi

Tabel 4.12
Makanan Yang Disajikan Bervariasi
Penilaian
STP
TP
CP
P
SP
Jumlah
Bobot Nilai
1
2
3
4
5

Frekuensi
1
3
46
28
22
100
Persentase
1%
3%
46%
28%
22%
100%
Nilai
1
6
138
112
110
367

.
 
Berdasarkan dari hasil observasi diatas dari 100 responden yang menyatakan sangat puas terhadap makanan yang disajikan bervariasi sebanyak 22 responden atau 22%, yang menyatakan puas sebanyak 28 responden atau 28%, yang menyatakan cukup puas 46 responden atau 46% sedangkan yang menyatakan tidak puas 3 respoden atau 3% dan sangat tidak puas 1 responden atau 1%.
Jadi dengan jumlah nilai yang diperoleh sebesar 367 dapat di kategorikan bahwa sebagian besar konsumen rumah makan Waroeng Steak & Shake merasa puas terhadap makanan yang disajikan bervariasi.


3.      Suasana Rumah Makan Yang Nyaman

Tabel 4.13
Suasana Rumah Makan Yang Nyaman
Penilaian
STP
TP
CP
P
SP
Jumlah
Bobot Nilai
1
2
3
4
5

Frekuensi
0
3
60
17
20
100
Persentase
0%
3%
60%
17%
20%
100%
Nilai
0
6
180
68
100
354




Berdasarkan dari hasil observasi diatas dari 100 responden yang menyatakan sangat puas terhadap suasana rumah makan yang nyaman sebanyak 20 responden atau 20%, yang menyatakan puas sebanyak 17 responden atau 17%, yang menyatakan cukup puas 60 responden atau 60% sedangkan yang menyatakan tidak puas 3 responden atau 3% dan sangat tidak puas 0 responden.
Jadi dengan jumlah nilai yang diperoleh sebesar 354 dapat di kategorikan bahwa sebagian besar konsumen rumah makan Waroeng Steak & Shake merasa puas terhadap suasana rumah makan yang nyaman.

4.      Kebersihan Rumah Makan Yang Terjamin

Tabel 4.14
Kebersihan Rumah Makan Yang Terjamin
Penilaian
STP
TP
CP
P
SP
Jumlah
Bobot Nilai
1
2
3
4
5

Frekuensi
0
13
42
35
10
100
Persentase
0%
13%
42%
35%
10%
100%
Nilai
0
26
126
140
50
342




Berdasarkan dari hasil observasi diatas dari 100 responden yang menyatakan sangat puas terhadap kebersihan ruma makan yang terjamin sebanyak 10 responden atau 10%, yang menyatakan puas sebanyak 35 responden atau 35%, yang menyatakan cukup puas 42 responden atau 42% sedangkan yang menyatakan tidak puas 13 responden atau 13% dan sangat tidak puas 0 responden.
Jadi dengan jumlah nilai yang diperoleh sebesar 342 dapat di kategorikan bahwa sebagian besar konsumen Rumah Makan Waroeng Steak & Shake merasa puas terhadap kebersihan rumah makan yang terjamin.


5.      Penampilan Setiap Karyawan

Tabel 4.15
Penampilan Setiap Karyawan
Penilaian
STP
TP
CP
P
SP
Jumlah
Bobot Nilai
1
2
3
4
5

Frekuensi
0
   0
60
22
18
100
Persentase
0%
0%
60%
22%
18%
100%
Nilai
0
0
180
88
90
358



 Berdasarkan dari hasil observasi diatas dari 100 responden yang menyatakan sangat puas terhadap penampilan setiap karyawan sebanyak 18 responden atau 18%, yang menyatakan puas sebanyak 22 responden atau 22%, yang menyatakan cukup puas 60 responden atau 60% sedangkan yang menyatakan tidak puas dan sangat tidak puas 0 responden.
Jadi dengan jumlah nilai yang diperoleh sebesar 358 dapat di kategorikan bahwa sebagian besar konsumen Rumah Makan Waroeng Steak & Shake merasa puas terhadap penampilan setiap karyawan.


4.2.7    Hasil Perhitungan Dengan Metode Chi Kuadrat
1.         Hipotesis
a. Ho : Bahwa konsumen merasa tidak puas terhadap kualitas pelayanan rumah makan Waroeng Steak & Shake.
b. Ha : Bahwa konsumen merasa puas terhadap kualitas pelayanan rumah makan Waroeng Steak & Shake.

2.  Tingkat Signifikan :
Merupakan standar statistika yang digunakan untuk menolak hipotesis nol (Ho). Dalam uji hipotesis ini tingkat signifikan penelitian sebesar 5% yang artinya :
α = 100% − 95%
   = 5% atau 0.05
Arti dari α 0,05 merupakan perkiraan 5 dari 100 responden menolak hipotesis yang seharusnya diterima atau kira-kira 95% dan menerima hipotesis yang benar
Db  = (r-1) (c-1)
      = (5-1) (5-1)
  = (4) (4)
            = 16
Nilai chi kuadrat dari tabel statistika untuk tingkat signifikan 5% atau 0,05 dengan db (derajat bebas) = 16 menghasilkan 26,25.

3.      Frekuensi Harapan (Fh)
Rumus : Fh = Pr x Pc x n
Keterangan :
Fh : Frekuensi harapan
Pr : Proporsi baris
Pc : Proporsi kolom
n   : Jumlah data

Fh 11 = Pr x Pc x n = 15,43% x 21,42% x 1400 = 46,27
Fh 12 = Pr x Pc x n = 15,43% x 14,29% x 1400 = 30,86
Fh 13 = Pr x Pc x n = 15,43% x 14,29% x 1400 = 30,86
Fh 14 = Pr x Pc x n = 15,43% x 14,29% x 1400 = 30,86
Fh 15 = Pr x Pc x n = 15,43% x 35,71% x 1400 = 77,17

Fh 21 = Pr x Pc x n = 32,72% x 21.42% x 1400 = 98,12
Fh 22 = Pr x Pc x n = 32,72%  x 14,29% x 1400 = 65,45
Fh 23 = Pr x Pc x n = 32,72%  x 14,29% x 1400 = 65,45
Fh 24 = Pr x Pc x n = 32,72%  x 14,29% x 1400 = 65,45
Fh 25 = Pr x Pc x n = 32,72%  x 35,71% x 1400 = 163,58

Fh 31 = Pr x Pc x n = 47% x 21,42% x 1400 = 140,94
Fh 32 = Pr x Pc x n = 47% x 14,29% x 1400 = 94,02
Fh 33 = Pr x Pc x n = 47% x 14,29% x 1400 = 94,02
Fh 34 = Pr x Pc x n = 47% x 14,29% x 1400 = 94,02
Fh 35 = Pr x Pc x n = 47% x 35,71% x 1400 = 234,97

Fh 41 = Pr x Pc x n = 3,85% x 21,42% x 1400 = 11,54
Fh 42 = Pr x Pc x n = 3,85% x 14,29% x 1400 = 7,70
Fh 43 = Pr x Pc x n = 3,85% x 14,29% x 1400 = 7,70
Fh 44 = Pr x Pc x n = 3,85% x 14,29% x 1400 = 7,70
Fh 45 = Pr x Pc x n = 3,85% x 35,71% x 1400 = 19,24


Fh 51 = Pr x Pc x n = 1% x 21,42% x 1400 = 2,99
Fh 52 = Pr x Pc x n = 1% x 14,29% x 1400 = 2,00
Fh 53 = Pr x Pc x n = 1% x 14,29% x 1400 = 2,00
Fh 54 = Pr x Pc x n = 1% x 14,29% x 1400 = 2,00
Fh 55 = Pr x Pc x n = 1% x 35,71% x1400 = 4,99

4.      Nilai Chi Kuadrat

Tabel 4.16
Chi Kuadrat ( χ2 )
Kategori
Fo
fe

Fo -Fe
(fo - fe)2
(fo-fe)2/ fe
Sangat Puas Kehandalan
65
46,29
18,73
350,8129
7,50
Sangat Puas Daya Tanggap
27
30,86
-3,86
14,8996
0,48
Sangat Puas Kepastian
18
30,86
-8,86
165,5796
5,35
Sangat Puas Empati
22
30,86
6,86
78,4996
2,54
Sangat Puas Berwujud
84
77,14
-0,12
47,0596
0,60
Puas Kehandalan
98
98,12
-2,45
0,0144
0
Puas Daya Tanggap
63
65,45
13,55
6,025
0,09
Puas Kepastian
79
65,45
-13.55
183,6025
2,80
Puas Empati
79
65,45
-13,55
183,6025
2,80
Puas Berwujud
139
163,58
-24,58
604,1764
3,69
Cukup Puas Kehandalan
118
97,67
-22,94
526,2436
3,73
Cukup Puas Daya Tanggap
104
94,02
9,98
99,6004
1,05
Cukup Puas Kepastian
90
94,02
4,02
16,1604
0,17
Cukup Puas Empati
93
94,02
-1,02
1,0404
0,01
Cukup Puas Berwujud
253
234,97
18,03
325,0809
1,38
Tidak Puas Kehandalan
14
11,54
  2,46
6,0516
0,52
Tidak Puas Daya Tanggap
12
7,70
5,7
32,49
4,4
Tidak Puas Kepastian
10
7,70
2,3
5,29
0,68
Tidak Puas Empati
5
7,70
-2,7
7,29
0,94
Tidak Puas Berwujud
23
19,24
3,76
14,1376
0,73

Sangat Tidak Puas Kehandalan


5


2,99


2,01
4,0401


1,35
  Sangat Tidak Puas Daya Tanggap

4

2,00

2
4

2
Sangat Tidak Puas Kepastian
3
2,00
1
1
0,5
Sangat Tidak Puas Empati
1
2,00
1
1
0,5
Sangat Tidak Puas Berwujud
1
4,99
-3,99
15,9201
3,19
χ2 Hitung




78,28

5.   Keputusan
Berdasrkan hasil perhitungan maka keputusannya adalah sebagai berikut : terima Ha dan tolak Ho. Dengan menggunakan metode chi kuadrat dan tingkat signifikan (α) = 5% maka hipotesis :
a.       Ho : Bahwa konsumen merasa tidak puas terhadap kualitas pelayanan rumah makan Waroeng Steak & Shake.
b.    Ha : Bahwa konsumen merasa puas terhadap kualitas pelayanan rumah makan Waroeng Steak & Shake.
Keputusan juga dapat dihitung dengan menentukan kriteria pengujian sebagai berikut :
Ho ditolak apabila  hitung ≤  tabel (α, db)
Ha diterima apabila  hitung ≥  tabel (α, db)



6.   Kesimpulan
Berdasarkan perhitungan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa χ2 hitung = 47,10 lebih besar dari χ2 tabel (0,05 ; 16) = 26,29 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa konsumen merasa puas terhadap kualitas pelayanan rumah makan Waroeng Steak & Shake Jatiwaringin Pondok Gede.

4.2.8        Nilai Indeks Kerja (NIK)
Hasil kuesioner dengan sampel sebanyak 100 responden pada rumah makan Waroeng Steak & Shake Jatiwaringin Pondok Gede untuk menilai indeks kerja.

Tabel 4.17
Nilai Indeks Kerja
No 
Daftar Pertanyaan
SP
P
CP
TP
STP
NIK
A
Dimensi Kehandalan
1.
Selera atau kelezatan Makanan Yang Disediakan
70
136
108
22
5
68,2%
2.
Kesopanan dan Keramahan Tatacara Karyawan Dalam Melayani Konsumen
100
132
132
6
0
74%
3.
Kemudahan dalam memesan makanan
115
124
114
0
0
78,6%
B
Dimensi Daya Tanggap
1.
Ketepatan dalam mengajukan makanan sesuai dengan pesanan konsumen
55
168
129
4
2
71,6%
2.
Pengetahuan dan wawasan yang baik yang dimiliki karyawan

80
84
183
0
2
69,8%
C
Dimensi Kepastian
1.
Lokasi yang strategis
30
140
144
16
3
66,5%
2.
Harga Yang Sesuai Dengan Setiap Pelayanan Yang Diberikan
60
176
126
4
0
73,2%
D
Dimensi Empati
1.
Perhatian kepada konsumen yang datang
55
156
138
8
0
71,4%
2.
Informasi menu makanan yang dapat dipercaya
55
160
141
2
1
71,8%
E
Dimensi Berwujud
1.
Dekorasi Rumah Makan Yang Menarik
20
148
135
8
0
62,2%
2.
Makanan Yang Disajikan Bervariasi
110
112
138
6
1
73,4%
3.
Suasana Rumah Makan Yang Nyaman
20
17
60
3
0
20%
4.
Kebersihan Rumah Makan Yang Terjamin
50
140
126
26
0
68,4%
5.
Penampilan Setiap Karyawan
90
88
180
6
1

71,6%


Rata-rata
67.19%










        Berdasarkan hasil penelitian indeks kerja diatas dapat diketahui bahwa rata-rata kepuasan konsumen berdasarkan 5 dimensi seperti kehandalan, daya tanggap, kepastian, empati dan berwujud penentu kualitas jasa pelayanan sebesar 67,19. Selain itu juga hasil dari skala likert dapat dilihat dari tingkatan kepuasan terhadap 5 dimensi pelayanan yang terdiri dari kehandalan, daya tanggap, kepastian, empati dan berwujud dimana sebagian besar konsumen merasa puas.


Tabel 4.18
Hasil Analisa Tingkatan Kepuasan Kuesioner
Dimensi
No
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Tidak Puas
Sangat Tidak Puas
Jumlah

Kehandalan
1
14
34
36
11
5
n1=100
2
20
33
44
3
0
n1=100
3
31
31
38
0
0
n1=100
Daya
Tanggap
1
11
42
43
2
2
n1=100
2
16
21
61
0
2
n1=100

Kepastian
1
6
35
48
8
3
n1=100
2
12
44
42
2
0
n1=100

Empati
1
11
39
46
4
0
n1=100
2
11
40
47
1
1
n1=100



Berwujud
1
14
37
45
4
0
n1=100
2
22
28
46
3
1
n1=100
3
20
17
60
3
0
n1=100
4
10
35
42
13
0
n1=100
5
18
22
60
0
0
n1=100
Jumlah

216
458
658
54
14
1400

           Data diatas diperoleh dengan cara menghitung seluruh jawaban dari masing-masing dimensi dan tingkat kepuas


Tabel 4.19
Hasil Silang Analisa Tingkat Kepuasan Konsumen

Kehandalan
Daya Tanggap
Kepastian
Empati
Berwujud
Total
Proporsi
Sangat Puas
64
(21,67%)
27
(13,5%)
18
(9%)
22
(11%)
84
(16,8%)

216

15,43%
Puas
98
(32,67)
63
(31,5%)
79
(39,5%)
79
(39,5%)
139
(27,8%)

458

32,72%
Cukup Puas
118
(39,67%)
104
(52%)
90
(45%)
93
(46,5%)
253
(50,6%)

658

32,57%
Tidak Puas
14
(1,67%)
2
(1%)
10
(5%)
5
(2,5%)
23
(4,6%)

54

3,85%
Sangat Tidak Puas
5
(1,67%)
4
(2%)
3
(1,5%)
1
(0,5%)
    1     
(0,2%)

14

1%
 Total Kolom

300

200

200

200

500

1400

100%
Proporsi Kolom

21,42%

14,29%

14,29%

14,29%

35,71%

100%


            Data diatas berdasarkan dari nlai chi kuadrat table dan untuk tingkat signifikan α = 5% atau 0,05 dan derajat bebas dengan nilai 16 sebesar 26,29

4.3     Rangkuman Hasil Penelitian
Setelah melakukan observasi dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data dan kemudian di hitung dengan menggunakan metode chi kuadrat dan metode skala likert, tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap rumah makan Waroeng Steak & Shake terhadap 5 (lima) dimensi yang terdiri dari kehandalan, daya tanggap, kepastian, empati, dan berwujud. Hasil dapat dilihat dalam tabel rangkuman berikut :

Tabel 4.20
Rangkuman Hasil Perhitungan
Per Dimensi
 Tabel χ2
 Hitung χ2
Keputusan
Kehandalan
26,29
65,50
Terima Ha
Daya Tanggap
26,29
40,10
Terima Ha
Kepastian
26,29
47,50
Terima Ha
Empati
26,29
33,95
Terima Ha
Berwujud
26,29
47,95
Terima Ha
Hasil Rata-rata
26,29
78,28
Terima Ha
Hasil Skala Likert
26,29
67,19
Terima Ha

Dari tabel rangkuman diatas dapat disimpulkan bahwa jika Ha ditrima berarti konsumen merasa puas terhadap kualitas pelayana rumah makan Waroeng Steak & Shake, dapat dilihat juga dari hasil 5 (lima) dimensi seperti kehandalan yang memperoleh nilai χ2  Hitung= 65,50 lebih besar dari χ2 tabel yaitu sebesar 26,29 yang berarti Ha di terima dan Ho ditolak dan artinya konsumen merasa puas terhadap kualitas pelayanan dimensi kehandalan. Pada dimensi daya tanggap diperoleh hasil χ2 hitung sebesar 40,10 lebih besar dari pada χ2 Tabel yaitu sebesar 29,26 yang berarti Ha diterima dan Ho di tolak yang berarti konsumen merasa puas terhadap kualitas pelayanan dimensi daya tanggap, sedangkan dimensi kepastian memperoleh nilai χ2 Hitung sebesar 47,50 lebih besar dari pada nilai yang di peroleh χ2 Tabel yaitu sebesar 26,29 berarti Ha diterima yang artinya konsumen merasa puas terhadap kualitas pelayanan dimensi kepastian. Pada dimensi empati memperoleh nilai χ2 Hitung sebesar 33,95 lebih besar dibandingkan nilai dari χ2 Tabel yaitu sebesar 26,29 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, artinya konsumen merasa puas terhadap kualitas pelayanan dimensi empati, sedangkan pada dimensi berwujud memperoleh hasil χ Hitung sebesar 47,95 lebih besar dari nilai χ2 Tabel sebesar 26,29 beraeti terima Ha yang artinya konsumen merasa puas terhadap kualitas pelayanan dimensi berwujud. Dari semua perhitungan perdimensi di dapat rata-rata hasil perhitungan χ2  Hitung sebesar 78,28 lebih besar dari nilai χ2 Tabel sebesar 26,29 yang berarti terima Ha dan tolak Ho yang artinya konsumen merasa puas terhadap semua dimensi kualitas pelayanan rumah makan Waroeng Staek & Shake dan dengan menggunakan metode skala likert dapat dilihat hasil rata-rata Nilai Indeks Kerja (NIK) sebesar 67,19 lebih besar dari nilai χ2 Tabel yaitu sebesar 26,29 artinya terima Ha yang menyatakan bahwa seluruh konsumen merasa puas terhadap semua dimensi kualitas pelayanan rumah makan Waroeng Steak & Shake.

 Nama : Soegiharto Sugiono
NPM   : 11207042
Kelas  : 3EA11

tugas diberikan oleh : pak Prihantoro

0 komentar:

Posting Komentar