Minggu, 02 Oktober 2011

TUGAS PERTEMUAN 2 METODE RISET

 ANALISIS PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP LABA

1Age Estri Budiarti
2Yudilla Virda
Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh likuiditas, leverage dan profitabilitas terhadap laba yang dimiliki oleh PT.Gajah Tunggal Tbk. selama periode 1997-2008.Pengujian hipotesis ini menggunakan analisis regresi linier berganda, Uji F, dan Uji t.Hasil dari penelitian ini adalah bahwa likuiditas, leverage dan profitabilitas secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap laba sedangkan bila dilihat dari uji t yang memiliki pengaruh dominant terhadap laba yang diperoleh PT.Gajah Tunggal Tbk. selama periode 1997-2008 adalah profitabilitas dengan menggunakan rasio NPM (Net Profit Margin).
Kata Kunci : Laporan Keuangan,Likuiditas, Leverage, dan Profitabilitas

 PENDAHULUAN
Saat ini persaingan dalam dunia usaha semakin ketat.Apabila perusahaan tidak mampu bersaing maka tidak akan bertahan dan akan tersingkir dari dunia usaha yang dijalankannya.Hal ini berkaitan dengan salah satu tujuan yang penting dan harus diusahakan oleh semua jenis perusahaan yaitu mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan dalam jangka waktu yang lama (Going Concern) dan meningkatkan keberhasilan dalam perusahaan.
Keberhasilan perusahaan dapat diukur berdasarkan kemampuan perusahaan yang tercermin dalam kinerja manajemennya dimana salah satu parameter yang digunakan adalah laba.Menurut PSAK No. 25 tahun 2002 menyatakan bahwa laba dapat dilihat pada laporan laba rugi yang merupakan salah satu laporan keuangan utama perusahaan yang melaporkan hasil kegiatan dalam meraih keuntungan untuk periode tertentu.
            Dengan Laporan Keuangan yang dibuat, perusahaan dapat menentukan nilai dari Rasio Likuiditas, Leverage dan Profitabilitas sehingga dapat dinilai pula kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba.Adapun tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui seberapa besar pengaruh likuiditas, leverage dan profitabilitas terhadap laba pada PT.GAJAH TUNGGAL Tbk. selama periode 1997-2008.Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui indikator yang paling dominan berpengaruh terhadap laba PT.GAJAH TUNGGAL Tbk. selama periode 1997-2008.

TINJAUAN PUSTAKA
Laporan keuangan merupakan hasil dari proses akuntansi yang dapat digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi antara data keuangan atau aktivitas suatu perusahaan dengan pihak-pihak yang berkepentingan dengan data atau aktivitas perusahaan tersebut (Munawir, 2004) dan ringkasan dari suatu proses pencatatan atas transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama tahun buku yang bersangkutan yang dibuat oleh manajemen perusahaan dengan tujuan untuk mempertanggungjawabkan tugas-tugas yang telah dibebankan kepadanya oleh pemilik perusahaan (Zaki Baridwan: 2004).
Jadi secara singkat laporan keuangan bukan hanya deretan angka-angka uang kaku tanpa makna melainkan data yang sarat informasi yang bisa dijadikan bahan pertimbangan pengambilan keputusan bagi pihak-pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan.Adapun pihak-pihak yang berkepentingan dengan perusahaan dan memerlukan laporan keuangan sebagai informasi untuk pengambilan keputusan adalah : investor, pemilik, kreditor, pemberi pinjaman, kreditor usaha lainnya, pelanggan, karyawan, pemerintah dan masyarakat.
Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur,& Sipil) Vol.3 Oktober 2009 Universitas Gunadarma-Depok, 20-21 Oktober 2009-10-12 ISSN: 18858-2559 Leverage, Gros Profit Margin (GPM) dan Net Profit Margin (NPM) untuk profitabilitas.Adapun model analisis regresi linier berganda yang dilakukan dalam penelitian ini adalah :

Y=α+b1CR+b2DR+b3GPM+b4NPM
Keterangan :
Y : Laba
α : Konstanta
b1,b2,b3,b4 : Koefisien regresi
CR : Current Ratio
DR : Debt Ratio
GPM : Gross Profit Margin
NPM : Net Profit Margin
Untuk mengetahui hubungan antara variabel indipenden (x) dengan variabel dependen (y) dapat menggunakan Korelasi Ganda.Untuk mencari apakah setiap variabel indipenden berpengaruh secara bersama-sama terhadap variabel dependen dapat dilakukan dengan Uji ANOVA (Uji F).Sedangkan untuk mencari apakah setiap variabel indipenden masing-masing berpengaruh terhadap variabel dependen dapat dilakukan dengan Uji t.

HIPOTESIS
Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
Ho1 : Current Ratio tidak berpengaruh terhadap laba
Ha1 : Current Ratio berpengaruh terhadap laba
Ho2 : Debt Ratio tidak berpengaruh terhadap laba
Ha2 : Debt Ratio berpengaruh terhadap laba
Ho3 : GPM (Gross Profit Margin) tidak berpengaruh terhadap laba
Ha3 : GPM (Gross Profit Margin) berpengaruh terhadap laba
Ho4 : NPM (Net Profit Margin) tidak berpengaruh terhadap laba
Ha4 : GPM (Gross Profit Margin) berpengaruh terhadap laba
Ho5 :Likuiditas, leverage dan profitabilitas tidak berpengaruh secara bersama-sama terhadap laba
Ha5 : Likuiditas, leverage dan profitabilitas berpengaruh secara bersama-sama terhadap laba


PEMBAHASAN

Uji autokorelasi
Uji ini digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya penyimpangan asumsi klasik autokorelasi,yaitu korelasi yang terjadi antara residual pada suatu pengamatan dengan pengamatan lain pada model regresi..Metode pengujian yang digunakan adalah dengan Uji Durbin-Watson (uji DW).Adapun nilai Durbin-Watson terdapat pada tabel dibawah ini :

Tabel 1.
Nilai Durbin Watson



Karena nilai DW terletak terletak antara (4-dU) dan (4-dL), diantara yaitu 2,177 < 2,639 < 3,488, Jika d terletak antara (4-dU) dan (4-dL), yang berarti tidak menghasilkan kesimpulan yang pasti.

UJI MULTIKOLINIERITAS
Metode pengujian yang bisa digunakan untuk melakukan uji multikolinieritas adalah dengan melihat nilai Varian Inflation Factor (VIF) pada model regresi.Adapun nilai VIF yang diperoleh terdapat pada tabel dibawah ini :
Tabel 2.
Hasil Uji Multikolinieritas


Dari hasil output diatas didapat nilai Varian Inflation Factor (VIF) pada variabel-variabel diatas yaitu sebesar 6,178 ; 5,890 ; 2,477 ; dan 1,593.Karena nilai VIF yang diperoleh kurang dari 10, maka bisa diduga bahwa antarvariabel indipenden tersebut tidak terjadi adanya persoalan multikolinieritas sehingga bisa digunakan dalam penelitian selanjutnya.

UJI HETEROSKEDASTISITAS
Prasyarat yang harus terpenuhi dalam model regresi linier berganda adalah tidak adanya gejala heteroskedastisitas karena apabila asumsi tidak terjadinya heteroskedastisitas ini tidak terpenuhi, maka penaksir menjadi tidak lagi efisien baik dalam sampel kecil maupun besar.Pendekatan yang digunakan untuk mendeteksi ada tidaknya heteroskedastisitas yaitu Rank korelasi dari Spearman.Karena dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai probabilitas hubungan antara variabel bebas dengan residual absolutnya jauh diatas taraf signifikansinya yaitu 0,05; maka dapat disimpulkan bahwa data yang diperoleh tidak terdapat adanya heteroskedastisitas.

HASIL UJI REGRESI LINIER BERGANDA
Y= -324312+(-3561,933)CR+361146,8DR+463265,5GPM+5212921NPM
Konstanta sebesar -324312; artinya jika CR, DR GPM dan NPM nilainya adalah 0, maka laba (Y) nilainya adalah Rp.-324312.Harga koefisien regresi variabel CR -3561,933; artinya jika variabel indipenden lain nilainya tetap dan CR mengalami kenaikan 1%, maka laba akan mengalami penurunan sebesar Rp.-3561,933.Koefisien regresi variabel DR sebesar 361146,8; artinya jika variabel indipenden lain nilainya tetap dan DR mengalami kenaikan 1%, maka laba akan mengalami kenaikan sebesar Rp.361146,8.Koefisien regresi variabel GPM sebesar 463265,5; artinya jika variabel indipenden lain nilainya tetap dan GPM mengalami kenaikan 1%, maka laba akan mengalami kenaikan sebesar Rp.463265,5.Koefisien regresi variabel NPM sebesar 5212921; artinya jika variabel indipenden lain nilainya tetap dan NPM mengalami kenaikan 1%, maka laba akan mengalami kenaikan sebesar Rp. 5212921.
Koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,982, yang mendekati 1 sehingga menunjukkan bahwterjadi hubungan yang kuat dan searah antara
variabel current ratio, debt ratio, GPM dan NPM terhadap laba.Sedangkan besarnya koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,965 atau 96,5%.Hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel indipenden (CR, DR, GPM dan NPM) terhadap variabel dependen (laba) sebesar 96,5%.

UJI ANOVA
Adapun hasil pengujian uji F dapat dilihat pada tabel dibawah ini :

Tabel 3.
Hasil Uji F

Nilai probabilitas (signifikansi) yang diperoleh dari output SPSS di atas sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05.Selain itu, karena nilai F hitung > F tabel (48,356 < 3,633), maka Ho ditolak, artinya ada pengaruh secara signifikan antara current ratio, debt ratio, GPM dan NPM secara bersama-sama terhadap laba.

UJI t
Adapun hasil pengujian uji t dapat dilihat pada tabel dibawah ini :

Tabel 4.
Hasil Uji t

Nilai signifikansi yang diperoleh pada output diatas adalah sebesar 0,993 ; 0,777 ; 0,882 ; 0,000.Oleh karena itu, nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 hanya rasio NPM sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, artinya hanya NPM yang berpengaruh terhadap laba yang diperoleh PT.Gajah Tunggal Tbk. selama periode 1997-2008.

PENUTUP
Jika dilihat dari nilai uji t, maka dapat disimpulkan bahwa rasio likuiditas (current ratio) dan rasio leverage (debt ratio) tidak memiliki pengaruh terhadap laba yang diperoleh PT.Gajah Tunggal Tbk. selama periode 1997-2008.Yang memiliki pengaruh terhadap laba hanyalah profitabilitas dengan rasio NPM Sedangkan melalui uji F ke empat variabel tersebut mempunyai pengaruh terhadap Laba. Saran yang didapatkan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa tidak ada pengaruh antara rasio likuiditas dan leverage terhadap laba yang diperoleh PT.Gajah Tunggal Tbk. selama periode 1997-2008.Oleh karena itu, diharapkan manajemen perusahaan agar menggunakan rasio profitabilitas yaitu NPM (Net Profit Margin) sebagai alat ukur dalam memperoleh keuntungan pada PT.Gajah Tunggal Tbk.

DAFTAR PUSTAKA
[1] Baridwan,Zaki.2004.”Intermediate Accounting”.edisi VIII. BPFE Gadjah Mada, Yogyakarta.
[2] Bernstein, Leopold A.1984.”Analysis of Financial Statemen”t.Richard D.Irwin,Inc.
[3] Djarwanto.1994.Pokok-pokok “Analisa Laporan Keuangan”.edisi I. BPFE Gadjah Mada, Yogyakarta.
[4] Gill, James O. dan Chatton Moira.2005.”Memahami Laporan Keuangan : Memanfaatkan Informasi Keuangan untuk Mengendalikan Bisnis Anda”. PPM, Jakarta.
[5] Harahap, Sofyan Syafri.1998.”Analisis Kritis atas Laporan Keuangan”. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
[6] Horne, James C.Van dan John M. Wachowicz,Jr.1997.”Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan”. Salemba Empat, Jakarta.
[7] Husnan, Suad. 1994. “Manajemen Keuangan, Teori dan Penerapan ( Keputusan Jangka Pendek )”. edisi III. BPFE Gadjah Mada, Yogyakarta.
[8] Ikatan Akuntansi Indonesia.2002.”Standar Akuntansi Keuangan”. Salemba Empat, Jakarta.
[9] Ikatan Akuntansi Indonesia.2004.”Standar Akuntansi Keuangan”. Salemba Empat, Jakarta.
[10] Iqbal, Hasan.2004.”Analisis Data Penelitian dengan Statsitik”. Bumi Aksara, Jakarta.
[11] Mamduh, M.Hanafi, dan Abdul Halim.2000.”Analisis Laporan Keuangan”. AMP YKPN, Yogyakarta.
[12] Miswanto dan Eko Widodo.1998.”Manajemen Keuangan”. Gunadarma. Jakarta.
[13] Munawir.1995.”Analisis Laporan Keuangan”. Liberty Yogyakarta.,Yogyakarta.
[14] Priyatno, Dwi.2008.”Mandiri Belajar SPSS”. MediaKom, Yogyakarta.
[15] Sarwono, Jonathan.2006.”Panduan Cepat dan Mudah SPSS 14”. Andi., Yogyakarta.
[16] Situs Bursa Efek Indonesia : www.idx.co.id.
[17] Sudarmanto,R. Gunawan.2005.”Analisis Regresi Linier Berganda dengan SPSS”. Graha Ilmu, Yogyakarta.
[18] Sudjana.1992.Metoda Statistika.Bandung: Tarsito.
[19] Tampubolon, Manahan P.2005.”Manajemen Keuangan (Finance Management),Konseptual, Problem dan Studi Kasus”. Ghalia Indonesia, Bogor.
[20] Tim Penelitian dan Pengembangan Wahana Komputer.2006.10 “Model Penelitian dan Pengolahannya

dengan SPSS 14”. Andi. Yogyakarta.
[21] Tunggal, Amin Widjaja.1995.”Dasar-dasar Analisis Laporan Keuangan”. Rineka Cipta, Jakarta.
[22] Weston, J. Fred dan Eugene F. Brigham.1994.”Dasar-dasar Manajemen Keuangan”.edisi IX. Erlangga, Jakarta 

Data diambil dari : httprepository.gunadarma.ac.id800024471Ekon-21.pdf

 

0 komentar:

Posting Komentar